Selasa, 07 Agustus 2012

MOTIVASI PUSTAKAWAN DALAM RANGKA MENYUSUN TULISAN ARTIKEL DI SURAT KABAR




Oleh Anwar Makkasau

Pustakawan pada Balai Penlitian Tanaman Serealia

Jl. Dr . Ratulangi No.274, Maros 90514


ABSTRAK


            Artikel merupakan suatu tulisan ilmiah yang diterbitkan dalam bentuk buku, majalah dan surat kabar yang merupakan salah satu tugas para pustakawan untuk melakukan koleksi dalam perpustakaan berdasarkan katalog. Artikel ini dapat ditulis dari buku yang terdapat diperpustakaan  maupun informasi baru yang sifatnya positif  di dengar melalui radio dan disiarkan melalui TV, sehingga dapat  disebarluaskan ke masyarakat, agar masyarakat mengetahui suatu topic tertentu secara umum, dengan membaca dan menganalisa perkembangan informasi disisi lain pustakawan akan mendapat pahala di sisi Allah dan mendapatkan imbalan financial dari penerbit, selain itu pustakawan ia akan mendapatkan angka kredit untuk kenaikan jabatan fungsional serta dapat berkomunikasi langsung dengan masyarakat pengguna perpustakaan. Namun yang menjadi acuan dalam menulis artikel di surat kabar adalah perlunya merujuk informasi baru baik melalui jurnal berita di TV, Radio maupun di Prosiding hasil seminar.

Kata Kunci : Artikel – Motivasi Pustakawan – Surat Kabar

ABSTRACT
            Article represent erudite article which published in the form of newspaper and magazine representing also one of the activity all librarian to add library collection. Article can be written from source of book which positive in character, both for heard to pass/through radio and also that can be overspread to society, so that/ to be society know an information growth, on the other side librarian will get publisher, besides as librarian he will get credit number for the increase of position/occupation functional and also can communicate direct with library consumer society. But becoming reference in writing article in Newspaper is the importance of refer new information, either through journal, news in TV, Radio and also from proceeding result of seminar.

Keyword : Article; Motivation librarian; Newspaper

Pendahuluan

            Pustakawan atau petugas perpustakaan, seharusnya memahami sebuah artikel yang akan ditulis di surat kabar, sebab dari hasil tulisan ini para pustakawan selain dapat memperoleh angka kredit untuk kenaikan jenjang jabatan fungsional keuntungan lain dari menulis artikel di surat kabar bagi pustakawan adalah  dapat berkomunikasi dengan masyarakat pengguna perpustakaan dan adanya inbalan financial dari penerbit.
            Tujuan kegiatan promosi menurut JEROME dan ANDREW dalam Mustafa (1986) adalah untuk menarik perhatian, menciptakan kesan, membangkitkan minat baca dan memperoleh tanggapan. Berkaitan dengan promosi hal ini dapat mengunkapkan suatu kegiatan dengan tujuan  untuk mempengaruhi pengetahuan, sikap dan perilaku penerima, serta membujuk mereka untuk menerima konsep, pernyataan, ide atau barang yang dipromosikan, dikaitkan dengan eksistensi perpustakaan. Selain itu memberi motivasi para pengguna perpustakaan untuk dapat berminat menggunakan jasa perpustakaan dalam rangka memperoleh informasi atau bahkan dapat menggunakan informasi hasil penelitian. Contohnya Di Balai Penelitian Tanaman Sealia, telah banyak dipromosikan hasil-hasil penelitian varietas jagung, sorgum, terigu dan sejenisnya yang telah dilepas dan teknologi benih, dan alsintan lainnya.

Motivasi Menulis Artikel

            Menulis artikel tentang suatu topik dari hasil hasil koleksi buku-buku yang  ada di perpustakaan merupakan salah satu tugas pustakawan untuk turut serta memberikan informasi lebih luas kepada masyarakat, sekaligus pustakawan dapat memperkenalkan potensi buku yang berada di perpustakaan kepada masyarakat secara luas. Menurut Hermanto (1993)  mengungkapkan bahwa imbalan financial bukanlah satu-atunya penghargaan dari penerbit, surat kabar bagi penulis yang artikelnya terbit di surat kabar. Hal yang lebih penting lagi adalah kepuasan batin bagi diri penulis. Manfaat yang lain adalah masyarakat dapat berkomunikasi antara penulis dengan pustakawan lainnya atau masyarakat pada umumnya, sehingga dapat  memberi motivasi para pustakawan dalam rangka memperoleh angka kredit untuk kenaikan jenjang jabatan fungsional pustakawan.
Menulis suatu topic pada salah satu surat kabar penulis memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dikenal orang banyak. Kemudian menulis artikel di surat kabar mampu mengangkat derajat profesi pustakawan, sama dengan profesi lainnya seperti para peneliti, Hakim, dokter dan sejenisnya. Selain itu menulis artikel juga mampu kita memperkenalkan intansi dan kegiatan kerja dimana kita bekerja maupun kedudukan dalam berbagai organisasi. Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa hasil penelitian harus dinformasikan dan disebarluaskan kepada pengguna. Karena itu para pustakawan dalam Badan Litbang Pertanian seharusnya dapat menginformasikan hasil publikasi yang telah diterbitkan baik bersifat ilmiah primer maupun teknis. Disamping dapat menginformasikan berbagai hasil pertemuan seperti seminar, lokakarya, temu aplikasi teknologi, temu lapang, pelatihan, dan kegiatan pengembangan lainnya. Maka lewat penulisan artikel disurat kabar  para pemerhati dibidang pertanian seperti peneliti, penyuluh dan petani dapat lebih cepat mengetahui perkembangan teknologi pertanian lingkup Badan Litbang Pertanian.

Faktor Yang Mempengaruhi  Menulis

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa menulis topic dalam bentuk artikel di surat kabar jauh lebih cepat sampai di masyarakat dibanding menulis di jurnal. Oleh karena itu dalam jajaran Badan Litbang pertanian di imbau agar penentu kebijakan dalam instansi ini  diharapkan agar secepatnya diadakan latihan penulisan artikel bagi pustakawan. Keuntungan menulis artikel dapat dikenal lebih cepat, disamping itu penulis mendapatkan pahala di sisi Allah dan mendapatkan imbalan financial dimana artikel diterbitkan, disisi lain pustakawan dapat memperoleh angka kredit untuk kenaikan jabatan fungsional serta dapat berkomunikasi langsung dengan masyarakat pengguna perpustakaan. Namun yang menjadi acuan dalam menulis artikel di surat kabar adalah perlunya merujuk informasi baru baik melalui jurnal berita di TV, Radio, surat kabar terdapat maupun di Prosiding. Agar nantinya semua pustakawan diberikan kesempatan mengikuti pelatihan penulisan artikel yang berasal dari berbagai informasi dalam bentuk buku, majalah yang berasal dari perpustakaan maupun bidang lain, contonya bidang pertanian,  yang dimiliki  pada  perpustakaan pada tempat bekerja disamping dapat menambah wawasan lebih luas. Karena menulis artikel dengan melalui pelatihan hasilnya lebih baik daripada menulis tanpa petunjuk khusus.
Kesimpulan Dan Saran
            Motivasi pustakawan cukup tinggi untuk menulis artikel di surat kabar, dengan dasar pertimbangan bahwa perlunya dilaksanakan secepatnya pelatihan teknik menulis artikel, baik yang diadakan oleh Badan Litbang Pertanian  maupun bernaung diberbagai organisasi seperti Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) baik di pusat, daerah maupun yang dilaksanakan di cabang (Kabupaten). Sehingga apa yang diharapkan dimasa mendatang dapat tercapai/terwujud dengan berpedoman kepada :
a.       Sukses menulis artikel dengan cara yang baik akan mempercepat penyebaran teknologi
b.      Sukses menjunjung tinggi profesi serta  bekerjsama  sesama pemerhati profesi akan memperkuat jaringan pustakawan antar perpustakaan baik nasional maupun internasional.
Mengimbau kepada penentu kebijakan untuk dapat diadakan secepatnya pelatihan penulisan para pustakawan, kemudian menginpetarisasi semua petugas perpustakaan yang menduduki jabatan funsional pustakawan untuk di didik dalam penulisan karya tulis menulis ilmiah maupun teknik menulis artikel di surat kabar.

DAFTAR PUSTAKA

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 1994. Petunjuk Teknis Penyusunan Laporan dan Publikasi Hasil Penelitian. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 20 hlm

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 1997. 5 Tahun Penelitihan dan Pengembangan Pertanian 1992-1996. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 114 hlm

Hermanto. 2004. Kajian kemutakhiran referensi artikel ilmiah pada beberapa jurnal ilmiah penelitian pertanian. Jurnal Perpustakaan Pertanian V.13(1): 1-6

Hermanto. 2004. Faktor penghambat pustakawan dalam menulis artikel di surat kabar. Jurnal Perpustakaan Pertanian V.13(2): 25-32

Mustafa, B. 1996. Jasa Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 198 hlm

Mustafa, B. 2005. Teknologi informasi tantangan dan peluang bagi pustakawan: Disampaikan pada Raker IPI Sulawesi Selatan dan Seminar Ilmiah di Bantimurung Kabupaten Maros, tanggal 15 Mei 2005

Saragih, S. Saha Tua. 2002. Pengantar penulisan artikel. Bandung: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. 5 hlm

1 komentar:

  1. Iron Dog Folds & Brittle Plated Leather Plated T-Shirt
    A short, gold plated T-Shirt with a solid brass core, fallout 76 black titanium and titanium teeth k9 metal teeth for a deep titanium cross necklace and deep titanium mokume gane bite. Iron Dog Folds & Brittle titanium fat bike Plated Leather T-Shirt.

    BalasHapus