Selasa, 14 Agustus 2012

BERCERMIN PADA NATIONAL LIBRARY BOARD (NLBS) SINGAPORE



Oleh  Drs. Anwar. MM
Pustakawan Madya Balai Penelitian Tanaman Serealia, Maros
Ft . Waktu berkunjung Ke Singapore
Pendahuluan
            Pustakawan/pengelola perpustakan lingkup Kementerian Pertanian  khususnya Balai maupun Loka /(BK/UPT) pada Unit Badan Litbang Pertanian. Mendapatkan apresiasi yang sangat positif dan berarti, karena peserta maupun panitia Temu Teknis Pengelola Perpustakaan Digital BK/UPT Mendukung Percepatan Desiminasi dan Adopsi Inovasi Pertanian  yang diselenggarakan pada tanggal 20 – 23 Mei 2012 di Batam. Dimana para peserta dan panitia temu teknis tersebut yang sempat mengunjungi National Library Board Singapore pada tanggal 21 Mei 2012 yang berjumlah 60 orang dan 30 orang perserta lainnya hanya di Batam mengunjungi tempat bersejarah karena kendala paspor belum selesai saat pertemuan. Penulis termasuk salah satu rombongan yang ikut NLB Singapore mendapat banyak pengalaman berarti,  karena mulai penyeberangan termasuk kami dideportasi oleh polisi /pejabat imigrasi Singapura 2 kali pergi pulang dengan diwawancarai dengan bahasa Inggris bahwa apa saudara baru pertama kali ke Singapura (Father for the first time to Singapore), tujuan apa? (What purpose) dan kapan kembali (When back). Lagi teman rombongan penasaran karena kurang lebih 5 menit diwawancarai baru diperkenangkan ikut sama rombongan karena mampu menjawab pertanyaan yang diajukan dengan bahasa Inggris.
            Oleh karena itu pustakawan / pengelola perpustakaan harus banyak belajar utamanya bahasa Inggris. Hal ini saat berkunjung di NLB Singapore  bahwa sebelum kita diterima Pimpinan NLB bahwa kita diberikan pengarahan lebih dulu oleh pemandu. Namun setelah diterima oleh pimpinan NLB Singapore telah diberikan banyak materi tentang keberadaan perpustakaan (library).
Bahwa dalam meningkatkan SDM maka gunakan perpustakaan untuk memperkaya diri sendiri, karena NLB Singapore merupakan  perpustakaan umum untuk mendapatkan informasi yang lebih luas dan dapat diandalkan. Dengan lingkungan yang nyaman dan bebas repot layanan, mengunjungi perpustakaan merupakan menyenangkan.


Pengarahan dan Pemutaran Film oleh Pimpinan Perpustakaan NLB Singapore
            Bila bercermin pada perpustakan NLB Singapore maka disini kami mendapatkan apresiasi yang tinggi sesama pustakwan/pengelola perpustakaan Kementerian Pertanian khususnya Badan Litbang Pertanian, karena dalam pengarahannya bahwa dengan dalam mengunjungi NLB secara resmi maka harus taat pada tata tertib yang berlaku, utamanya rombongan setiap orang dikasih stiker tanda pengenal berlogo NLB Singapore, kemudian kesempatan itu juga bahwa gedung NLB mempunyai Lantai 11 dan khusus untuk lantai bawa bisa berfoto namun lantai kedua ke atas tidak diperkenangkan untuk ambil dokumentasi atau foto. Pada lantai satu ada beberapa brosur mengenai Perpustakaan NLB dan para peserta bisa mengambil dengan gratis. Selain itu mulai penataan tertin maupun petugas dan  Pengguna NLB tertib dan disiplin. Bukan itu saja semua kegiatan perkantoran maupun tempat rekreasi sama. Bersih. Selain itu pada pemutaran Film yang kurang lebih 30 menit telah banyak yang dapat dipetik mulai gambar pengguna Perpustakaan  dan cara pelayanan sampai pada pembuatan kerjasama.

Kerjasama Antar Perpustakaan
            Kerjasama antar Perpustakaan. Seperti terlihat  Singapura – Penandatanganan perpanjangan naskah kerjasama anatara Perpustakaan Nasional  Republik Indonesia (Perpusnas) dengan National Library Board Singapore (NLB) telah dilakukan di Singapura Kamis tgl 26 Februari 2009. Naskah kerjasama ini ditandatangani oleh kedua belah pihak yakni Dady P. Rachmananta selaku Kepala Perpustakaan Nasional dan N. Varaprasad Selaku Chief Executive Officer NLB.
MoU yang akan berlaku selama 3 (tiga) tahun ini berisikan kerjasama kedua belah pihak dalam hal berbagai bidang yakni:.
a. Kerjasama Staff;
b. Kerjasama Jaringan Layanan Referensi;
c. Peminjaman Antar Perpustakaan dan Layanan Penyerahan Dokumen;
d. Pertukaran Bahan Perpustakaan;
e. Preservasi Digital;
f. Akuisisi Bahan Perpustakaan;
g. Pertukaran Database Bibliografi;
h. Pameran-pameran;  i. Insiatif dan kegiatan Kongres Pustakawan Se-Asia Tenggara (CONSAL) untuk bersama-sama mendukung  serta  meningkatkan   hubungan dan   menciptakan    kerjasama   di antara  anggota CONSAL untuk kepentingan bersama.
Kedua belah pihak mengharapkan dengan adanya penandatanganan kerjasama ini hubungan anatara Perpusnas dengan NLB akan semakin mempererat, serta semakin banyak kegiatan dari kedua belah pihak yang dapat dilaksanakan bersama, seperti tahun lalu Perpusnas ikut serta dalam memberikan pinjaman koleksinya berupa naskah nusantara untuk dipamerkan di NLB.
(http://kelembagaan.pnri.go.id....). Selain itu penulis memberikan  apresiasi yg tinggi pada Bapak Drs. Maksum. MS pada Temu Koordinasi Perpustakaan Digital Kementerian Pertanian atas perjuangan dan usahanya bisa bekerjasama dengan NLB sehingga pustakawan/pengelola perpustakaan sehingga dpt diterima secara resmi di NLB Singapore.
Tata cara Layanan Dasar
Layanan dasar
Perpustakaan e-kios
* Periksa
  account   dan    melakukan pembayaran,    * pembaharuan Pinjaman,     * pendaftaran Keanggotaan,    *Ganti / Edisi kartu anggota,  * Lihat / buku acara dan program, * Pengingat dan pemberitahuan layanan, Top up pra-bayar rekening, * Periksa kartu tunai, * Periksa ez-link kartu saldo.
Pinjaman Stasiun
* Pinjam buku-buku perpustakaan dan barang-barang lain dengan  mudah dengan perpustakaan NLB kartu keanggotaan atau NRIC
Katalog
* Cari buku dan bahan pustaka lainnya melalui komputer
* Cadangan
bagian perpustakaan
Layanan bernilai tambah
Reminder Pemberitahuan & Layanan
* Daftar di www.pl.sg atau perpustakaan e-kios untuk pengingat tanggal jatuh tempo dan gratis layanan pemberitahuan lain melalui SMS dan / atau email




Referensi and Konsultasi Jasa

Location (Lokasi)
Jurong Regional Library (Jurong Perpustakaan Daerah)
21 Jurong East Central 1 Singapore
Tampines Perpustakaan Daerah
31 Tampines Avenus 7 Singapore 529620
Woodlands Perpustakaan Daerah
900 South woodlands Civic Centre Singapore 730900

Membership (Keanggotaan)

Loan Item
Loam Period
(Priode Pinjaman)
Free One-time Loan Renewat
(Biaya Satu kali Perpanjangan)
Dasar Keanggotaan
6 Item (Produk) Perpustakaan
(4 buku/ majalah / skor musik & 2 bahan AV tambahan


-
* 21 hari untuk buku/ skor musik
Premium Keanggotaan
8 Item Perpustakaan
(4 buku/ majalah / skor musik & 4 bahan AV tambahan
21 hari / untuk buku / skor musik
· 14 hari untuk majalah

Tdk ada pembaha-ruan untuk bahan AV atau item lain dilundingi
Premium Plus Keanggotaan
6 Item Perpustakaan
(8 buku/ majalah / skor musik & 8 bahan AV tambahan
14 hari untuk majalah / AV tambahan
Produk harus diperbaharui kedepan atau sampai jatuh tempoh

Mendaftar untuk menjadi :
·         Public Libraries website at www. Pl.sg
·         Library e-Kiosks at all Publicc Libries

Catatan: Harap mendaftar untuk anggota melalui saluran diatas sebelum mengajukan permohonan premium atau premium plus keanggotaan





Foreigners (Orang Asing)

Loan Item
(Item Pinjaman
Loam Period
(Priode Pinjaman)
Free One-time Loan Renewat
(Biaya Satu kali Perpanjangan)




* 21 hari untuk buku/ skor musik
Keanggotaan Asing
8 Item (Produk) Perpustakaan
(4 buku/ majalah / skor musik & 4 bahan AV tambahan
·    21 hari / untuk buku / skor musik

·    14 hari untuk majalah / AV tambahan

Mendaftar untuk menjadi :
·         Layanan pelanggan counter semua pustakawan umum.
·         Semua denda perpustakaan dan biaya harus diselesaikan sebelum peminjaman item perpustakaan dapat dibuat.

Fee (Biaya)

Singapura
Warga Tetap
Orang Asing
Pendaftaran
Gratis
$ 10.50 satu kali
$ 10.50 Hutan lagi lagi pembaharuan, jika anggota telah berakhir 6 bulan
Biaya Dasar Keanggotaan Tahunan
Gratis
Gratis
-
Biaya Keanggotaan Asing Tahunan
-
-
$ 42.80
Referensi dan Layanan Adivisory
Tidak dapat informasi yang Anda butuhkan atau buku yang bagus untuk dibaca? Butuh bantuan dalam   memilih   bahan  bacaan  yang  sesuai  dan  sumber  daya  untuk   anak-anak  Anda atau mahasiswa? Cosult di counter penasehat di perpustakaan daerah berikut.
Jam Konsultasi: Senin - Minggu 13:00-09:00
Tanyakan! perpustakaan
Anda juga dapat memanggil atau emaill-pertanyaan Anda ke: Telp. +65 6332 3255
Email.
ask@nlb.gov.sg
Semua biaya sudah termasuk GST. Semua pembayaran dalam perpustakaan harus dibuat dengan uang tunai, kartu kartu ez-link dan jaring di perpustakaan yang dipilih, atau dengan cek kepada dewan perpustakaan nasional. Kredit, pembayaran kartu dapat dilakukan melalui website kami di www.pi.sg.
* Pelamar berusia 7 tahun ke atas dapat menggunakan KTP sekolah mereka Card / pintar sebagai kartu anggota perpustakaan untuk meminjam item setelah pendaftaran
TEMPO.CO, Jakarta - PARA pelanggan penerbangan Singapore Airlines kini dapat memilih berbagai macam variasi buku audio tanpa harus membawa buku bacaan atau perangkat e-Book, pada KrisWorld. Sistem hiburan di dalam pesawat ini telah memenangkan penghargaan, lewat kolaborasi Singapore Airlines dan National Library Board (NLB). Pada tahap awal, 13 buku audio dapat dinikmati di KrisWorld, termasuk yang paling disukai sepanjang masa seperti Dracula karya Bram Stoker, Wizard Of Oz karya L. Frank Baum dan The War of The Worlds karya HG Wells. "Buku audio adalah salah satu solusi terbaik bagi penumpang yang tidak punya banyak waktu untuk membaca. Fitur ini dapat membantu membawakan cerita melalui suara, intonasi, aksen dan efek suara yang mampu mewujudkan imajinasi pendengarnya. Pendengar dapat juga dengan spesifi k meningkatkan pengalaman membaca," ujar Tay Ai Cheng, Assistant Chief Excecutive and Chief Librarian, Public Library Services Group, NLB. "Koleksi terbaru telah direkomendasikan NLB. Kami akan terus meningkatkan pengalaman hiburan dan berharap ini menjadi awal beragam buku audio lainnya yang akan ditawarkan nanti," ujar Tan Pee Teck, Senior Vice President Product and Services, Singapore Airlines. Daftar buku audio ini akan terus diperbarui setiap bulan. Daftar lengkap judul-judulnya dapat dilihat di KrisWorld - Majalah Singapore Airlines dan www.singaporeair.com.
Penutup
            Bercermin pada NLB Singapore tentunya banyak yang harus diambil manfaat untuk pegembangan perpustakaan digital di Indonesia Disamping bersih dan rapih baik penataan maupun penggunnanya disiplin. Kemudiana koleksi yang ada semua berbahasa Inggris dan pertukaran antar koleksi dan kerjasama antar perpustakaan seperti tercermin  pada Mou Naskah kerjasama ini ditandatangani oleh kedua belah pihak yakni Dady P. Rachmananta selaku Kepala Perpustakaan Nasional dan N. Varaprasad Selaku Chief Executive Officer NLB..
MoU yang akan berlaku selama 3 (tiga) tahun. Disamping itu pelayanan kepada anggota dapat dilakukan mulai umur 7 tahun keatas dan pelayanan 1 kali 24 jam. Namun konsultasi jam 09- 13.00 tiap hari Senin – Minggu . Kemudian Daftar buku audio ini akan terus diperbarui setiap bulan.
Daftar Pustaka
2.      NLB. 2012  General Service at Glance.   Public Libraries Singapore. Ww.pl.sg

0 komentar:

Posting Komentar